Padasaat workshop, setiap kelas (30 peserta) difasilitasi oleh minimal dua orang instruktur/asesor  yang  memiliki Nomor Induk Asesor ( NIA)  relevan. Skenario  workshop  untuk guru kelas dan guru mata pelajaran adalah sebagai berikut. Pengembangan Perangkat Pembelajaran a.   Peserta difasilitasi instruktur melakukan orientasi dan diskusi model-model silabus,  RPP,  lembar  kerja  siswa  (LKS),   rancangan  bahan  ajar,  media,  dan perangkat penilaian. b.   Peserta memilih standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang akan   dikembangkan   menjadi   perangkat   pembelajaran.   Setiap   peserta minimal   mengembangkan   dua   perangkat   pembelajaran,   masing-masing dari KD yang berbeda. c.   Peserta  didampingi  instruktur  mengembangkan  perangkat  pembelajaran, yang terdiri atas: Penggalan Silabus (SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, dan sumber belajar) RPP  (sekurang-kurangnya  memuat:  perumusan  tujuan/  kompetensi, pemilihan  dan  pengorganisasian  materi,  pemilihan   sumber/  media pembelajaran, skenario pembelajaran, dan penilaian  proses dan  hasil belajar. Rancangan  bahan  ajar  (untuk  modul  paling  tidak  mencakup:  tujuan pembelajaran/kompetensi  yang ingin dicapai,  paparan materi, latihan-latihan, evaluasi, kunci jawaban, dan  daftar Pustaka) Media pembelajaran LKS dan perangkat penilaian d.   Presentasi dan refleksi hasil workshop Catatan:  Workshop  perangkat  pembelajaran  merupakan  satu  kesatuan  yang utuh.  Pengembangan  RPP,  bahan  ajar,  media   pembelajaran,  dan  perangkat penilaian  merupakan  kesatuan  yang  tidak  terpisah,  didasarkan  pada  KD  yang telah dipilih  oleh peserta.  Dengan demikian, pada akhir workshop peserta telah memiliki  minimal  dua  perangkat   pembelajaran  yang   akan  digunakan  dalam peer teaching. Macam/jenis roduk workshop [...]

Baca tulisan ini lebih lanjut